Hari Hepatitis Sedunia (World Hepatitis Day)

logowhd

Hari Hepatitis Sedunia / World Hepatitis Day (WHD) merupakan acara tahunan yang bertujuan memfokuskan masyarakat internasional akan infeksi virus hepatitis B dan C. Melalui peringatan Hari Hepatitis Sedunia, diharapkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat akan infeksi virus hepatitis B dan C meningkat, dan pada akhirnya akses yang lebih baik terhadap pencegahan, pemeriksaan dan pentalaksanaan infeksi virus ini dapat tercipta. 

 

Hari Hepatitis Sedunia pertama kali diluncurkan pada tahun 2008. Berangkat dari timpangnya kesadaran negara akan infeksi virus hepatitis dibandingkan penyakit lain seperti HIV/AIDS, tuberculosis, dan malaria. Tanggal 28 Juli dipilih oleh World Hepatitis Alliance sebagai koordinator Hri Hepatitis Sedunia untuk memperingati hari kelahiran Professor Baruch Blumberg, penerima hadiah Nobel atas karyanya dalam menemukan virus hepatitis B.

 

Dalam rangka memperingati Hari Hepatitis Sedunia, serangkaian acara telah disusun oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia dan Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia. Berbagai acara seperti vaksinasi dan pemeriksaan gratis, konferensi pers, talkshow, hingga acara puncak AKSI HEPATITIS berupa jalan santai pada tanggal 8 September 2013 di Silang Monas telah disusun. Peran serta kita sebagai masyarakat sangat diperlukan sehingga tercipta kesadaran akan infeksi virus hepatitis B dan C, dan pada akhirnya akses terhadap pencegahan, pemeriksaan dan pengobatan hepatitis B dan C yang lebih baik dapat tercipta.