Solusi Terapiku, Harapan Baru untuk Pasien Hepatitis C

Pada bulan Oktober 2012, PPHI didukung oleh PT Roche Indonesia, meluncurkan program bantuan pasien yang diberi nama PEGASSIST dimana pasien-pasien Hepatitis C yang direkomendasikan dokter, dapat menerima bantuan pengobatan dengan Pegylated interferon alfa 2a (PEGASYS®) + ribavirin (COPEGUS®) sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Pasien juga berhak mendapatkan pemeriksaan laboratorium gratis sebelum memulai terapi (pemeriksaan HCV RNA dan genotipe) dan 6 bulan setelah terapi selesai (pemeriksaan HCV RNA).

Hingga bulan Juni 2013, program ini telah membantu 108 orang pasien yang berasal dari setidaknya 9 propinsi di Indonesia, dimana 80% dari pasien tersebut adalah pasien yang terinfeksi dengan virus Hepatitis C genotipe 1.

Program tersebut kini dikembangkan untuk memberikan manfaat lebih kepada pasien.Diluncurkan pada awal bulan Juni 2013, Solusi Terapiku memberikan tiga layanan pendukung terapi pasien:
1. Layanan edukasi dan informasi umum seputar Hepatitis C
2. Bantuan pengobatan
3. Program dukungan selama menjalani terapi

Tujuan utama dari Solusi Terapiku adalah membantu pasien Hepatitis C untuk mendapatkan manfaat optimal dari terapi yang dijalani sesuai dengan rekomendasi dokter. Solusi Terapiku tidak menggantikan peran dokter dan hanya sebagai mitra dokter dalam membantu pasiennya mendapatkan hasil terapi yang optimal.

Dengan berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh pasien Hepatitis C, dokter memiliki peranan yang penting untuk dapat memberikan informasi tentang layanan Solusi Terapiku kepada pasien. PPHI dan PT Roche Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan akses terapi bagi para pasien Hepatitis C dan juga telah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam meningkatkan kesadaran pendonor yang terdeteksi positif Hepatitis C saat mendonor, untuk berkonsultasi dengan dokter Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI) dan melakukan pemeriksaan Hepatitis C lebih lanjut.

Selain itu, akses masyarakat terhadap terapi Hepatitis C menggunakan Pegylated interferon alfa 2a + ribavirin ditingkatkan melalui ketersediaannya di ASKES, INHEALTH, JAMKESMAS dan JAMKESDA (KJS).