Lawan Hepatitis C: Kenali, Periksa, Kalahkan

 

Jakarta, 5 Agustus 2015

 

Dalam rangka peringatan hari Hepatitis sedunia 2015 yang jatuh pada 28 Juli 2015, KEMENKES yang diwakili oleh Direktur Penanggulangan Penyakit Menular Langsung (PPML), Dr. Sigit Priohutomo, MPH, Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI) yang diwakili oleh Dr. dr. Rino A. Gani, SpPD-KGEH, juga Dr. Ria Syafitri EG, M.Biomed., sebagai Direktur Unit Transfusi Darah Pusat – Palang Merah Indonesia (UTDP- PMI), dan Alex White sebagai Presiden Direktur PT Roche Indonesia dan disertai para partner seperti IYHPS (Indonesian Young Healthcare Professionals), Prodia Laboratorium dan Gold’s Gym menyelenggarakan diskusi interaktif bersama media untuk membahas bahaya penyakit Hepatitis C.

Ketua PPHI, Dr. dr. Rino A. Gani, SpPD-KGEH menyebutkan bahwa sebagian besar penderita Hepatitis C tidak sadar/tidak merasakan kalau dirinya sudah sakit. Oleh karena itu, upaya pengendalian penyakit Hepatitis C terpusat pada upaya mencegah masyarakat yang sehat agar terhindar dari risiko penyakit Hepatitis C dengan membangun kesadaran dan komitmen yang tinggi dari semua pihak. PPHI mendukung penuh program “Lawan Hepatitis C : Kenali, Periksa, Kalahkan” yang diluncurkan pada hari ini yang merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit Hepatitis C. Harapan PPHI kedepannya, para pemangku kepentingan untuk bersama-sama melawan penyakit Hepatitis C ini secara konsisten. Melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pemerintah telah menunjukkan komitmennya dengan menyediakan akses terhadap pengobatan Hepatitis C bagi masyarakat.

 

Pada kesempatan ini juga Dr. Sigit Priohutomo, MPH., selaku Direktur PPML mengungkapkan bahwa telah ada PERMENKES No. 53, 2015 mengenai Hepatitis yang disetujui tanggal 15 Juli 2015 yang mulai sekarang akan mengatur tata laksana Hepatitis di Indonesia mulai dari pencegahan, penanggulangan risiko, hingga kepada manajemen hepatitis. PERMENKES ini akan diumumkan lebih lanjut dalam rencana peringatan hari hepatitis sedunia di Surabaya nanti.

 

Presiden Direktur PT Roche Indonesia, Alex White, menyampaikan, melalui kampaye “Lawan Hepatitis C : Kenali, Periksa, Kalahkan” Roche terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan di Indonesia, dengan melakukan edukasi Hepatitis C ini masyarakat dapat mengetahui lebih baik mengenai penyakit ini serta mendapatkan solusi medis yang tepat. Selain itu, program ini juga merupakan komitmen perusahaan dalam memberikan akses kesehatan yang lebih baik melalui kerjasama dengan pemerintah, PPHI dan PMI. Harapan kami, kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan tersebut dapat terus dilakukan, sehingga dapat menurunkan kasus Hepatitis C dan mewujudkan Indonesia yang lebih sehat.

 

Pada kesempatan yang sama, diluncurkan kampanye kesehatan “Lawan Hepatitis C”: Kenali, Periksa, Kalahkan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Hepatitis C, bagaimana mengenal lebih dalam Hepatitis C serta mengetahui penatalaksanaan Hepatitis C yang tepat. Dalam kampanye ini juga di selengarakan kompetisi selfie/swafoto untuk masyarakat luas sebagai bentuk dukungan dari masyarakat untuk melawan penyakit hepatitis C di Indonesia. Masyarakat yang ingin bergabung dapat mengambil fotonya (selfie) dengan elemen kuning-merah, yang melambangkan pita kuning-merah hepatitis C, dan kemudian berbagi dalam media social (Facebook, Instagram, Twitter, Path) dan men-tag 3 temannya sebagai tantangan selfie. Foto haruslah menggunakan hashtag #lawanhepatitisc #kenaliperiksakalahkan. 5 pemenang foto paling menarik akan mendapatkan hadiah kamera aksi GoPro terbaru. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di www.lawanhepatitisc.com.

 

Referensi:

  1. World Health Organization (WHO) Factsheet, updated July 2013; http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs164/en/
  2. Riset Kesehatan Dasar Nasional (RISKESDAS) 2013