Pengesahan Resolusi Baru pada Hepatitis oleh World Health Assambly (WHA)

Setalah disahkan resolusi tentang viral hepatitis untuk pertama kalinya pada WHA tahun 2010, resolusi baru telah disahkan pada the WHA (World Health Assembly) ke 67  yang dilakasanakan pada 19-24 Mei 2014 lalu.

Diperkirakan terdapat 240 juta orang terinfeksi hepatitis B dan 150 juta orang  terinfeksi hepatitis C. Sekitar 800000 meninggal karena hepatitis B dan 500000 meninggal karena hepatitis C. Tingginya angka penderita hepatitis dan kematian yang disebabkannya menjadikan virus hepatitis sebagai isu penting untuk dibicarakan lebih lanjut.

Resolusi baru yang disahkan di Ganeva, Swiss ini fokus pada komitmen WHO untuk mencegah penyebaran virus hepatitis mendiagnosis serta mengobati kelompok orang dengan virus hepatitis. Pencegahan dilakukan dengan mengembangkan program penggunaan jarum dan suntik sekali pakai dan terapi obat subsitusi opoid, serta memperketat sistem pada proses donor darah untuk menjamin kualitas darah. Vaksinasi untuk mencegah transmisi virus juga dilakukan untuk memperkecil prevalensi hepatitis B kronik. Resolusi baru ini juga mendukung penggunaan “legal flexibilities” yang diuraikan dalam World Trade Organization Agreement bagian Trade-Related Aspects of Intellectual Property Rights (TRIPS) untuk memberikan akses pada produk farmasi tertentu.

 

Unduh naskah background paper WHO mengenai virus hepatitis

Unduh naskah resolusi baru hepatitis pada WHA ke 67